• Selamat Datang di GRC BANGUN PERSADA

  • GRC BANGUN PERSADA

  • Arsip

  • Pemasangan Kubah GRC

  • September 2011
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Hubungi kami

    Office :

    Jl. Nagrak No 30 Cisarua Nagrak – Sukabumi
    43356

    Tlp/Fax: 0266 – 6540698

    Mobile : 087720712487

    Email : grcbangunpersada@yahoo.com
    arch_doddy@yahoo.com

  • >>>>>>GBP

  • Grc Menara

  • Meta

  • Blog Stats Grc Bangun Persada

    • 292,150 hits

Tips Mencat Rumah Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk mencat sebuah ruangan di rumah, sebaiknya Anda membaca beberapa tips berikut yang bisa mempermudah pekerjaan Anda lebih mudah dan akan membuatnya terlihat seperti itu dilakukan oleh seorang profesional.

Pilih sebuah Warna


Memilih warna adalah bagian tersulit. Namun yang paling penting adalah menemukan satu warna yang akan menciptakan suasana yang diinginkan dan membuat Anda bahagia.

  • Jika Anda tidak memiliki ide tentang warna apa yang akan Anda laburi, coba ambil dari warna yang ada di beberapa pajangan seni (lukisan atau bahkan karpet) yang ada di dalam ruangan. Para professional yakin bahwa cara tersebut merupakan langkah terbaik untuk menemukan warna yang diinginkan.
  • Ambil beberapa contoh cat rumah yang biasanya terdapat pada brosur-brosur cat dan lihat bagaimana tampilan cat tersebut di dalam ruangan. Pegang contoh cat itu dekat furniture, lantai, artwork, cabinet dan beberapa perangkat lain yang ada di dalam ruangan. Coba perkecil pilihan menjadi tiga atau empat warna.
  • Dapatkan contoh kecil setiap warna dan laburi dengan cat tersebut berbentuk persegi dengan dimensi yang cukup besar di dinding.
  • Perhatikan bagaimana perubahan warna saat matahari bergerak dan jumlah cahaya di dalam ruang yang berubah.

Menggunakan Lebih dari Satu Warna
Jika Anda menggunakan lebih dari satu warna di dalam ruangan ingat tips ini.

  • Jika Anda memiliki lis dinding dan Anda ingin melaburi bagian atas dan bawah dinding dengan warna yang berbeda, sebaiknya Anda menggunakan warna gelap pada bagian bawah dan warna ringan di atas. Warna ringan akan mendominasi sementara warna gelap akan memiliki efek grounding.
  • Untuk memperkental aksentuasi, laburi trim dengan shading yang lebih ringan atau bahkan lebih gelap dibanding tembok. Tujuannya agar bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan berudara..

Bermain Effect


Jangan takut untuk berpikir di luar kotak dan mencoba beberapa efek cat yang berbeda. Ada banyak yang dapat Anda lakukan dengan cat sehingga tidak perlu melaburi semua dinding dengan warna yang sama. Beberapa teknik mewarnai sangat menyenangkan untuk dicoba. Seperti color blocking, stenciling dan color washing. Anda dapat menggunakan warna yang berbeda di dinding yang sama, atau menerapkan efek yang berbeda di lokasi yang sama. Misalnya, coba mencat dinding dengan flat finish dan kemudian stenciling tembok tersebut dengan cat glossy. Efeknya cukup halus namun sangat mewah.

Pilih Finishing Yang Sesuai
Setelah Anda telah memilih warna cat dan desain, Anda harus segera memutuskan finishing apa yang akan diterapkan.

  • Flat: Menggunakan matte finishing (Dop), yang sempurna untuk menutupi dinding yang sedikit rusak karena tidak akan memantulkan cahaya. Gunakan di lokasi-lokasi yang ingin Anda tutupi.
  • Satin: Cukup populer untuk dinding karena kemampuannya memantulkan cahaya yang sangat sedikit dan cukup mudah dibersihkan.
  • Semi Gloss dan Glossy: Keduanya cukup mengkilap sehingga populer untuk trim. Mereka juga mudah  dibersihkan.

Tentukan Jumlah Cat Yang Dibutuhkan
Tambahkan lebar dari semua dinding di ruangan dan kalikan jumlahnya dengan tinggi total satu dinding (dari lantai ke langit-langit). Ambil totalnya dan kurangi total luas semua jendela, pintu, lengkungan, dll Hal ini akan membuat Anda mendapatkan wilayah yang tepat dari dinding Anda harus cat. Sebagai aturan umum praktis adalah untuk permukaan datar selebar 400 meter persegi biasanya memerlukan satu galon.

Persiapan 
Persiapan yang tepat merupakan salah satu tips mencat yang paling penting sekaligus menjadi kunci untuk mendapatkan hasil yang baik.

  • Pindahkan semua benda yang mungkin akan mengganggu proses pengecatan keluar ruangan.
  • Bersihkan dinding dengan larutan air dan sedikit sabun cuci piring. Langkah ini diyakini akan menghilangkan kotoran, debu dan lemak.
  • Isi jika ada bagian dinding yang retak dengan plester terlebih dahulu sebelum dicat. Bersihkan debu bekas proses pengamplasan dengan kain lembab.
  • Pastikan Anda memiliki kuas, rol dan baki cat yang diperlukan sebelum memulai. Harus bergegas pergi ke toko matrial saat Anda beristirahat di tengah sesi pengecatan merupakan hal yang sangat mengganggu dan akan membuat Anda lelah.

Balutkan Tape Pada Area Tertentu
Gunakan tape untuk membalut bagian-bagian tertentu yang akan Anda cat. Seperti trim, ceiling, jendela, pintu dan bagian lainnya. Hal ini akan mempermudah pembuatan garis lurus.

Cat Dari Atas ke Bawah
Selalu mulai cat dari daerah tertinggi sampai yang terendah. Mulailah dengan plafon atau bagian atas dinding dan turun ke bagian di bawahnya. Dengan cara ini Anda dapat membersihkan setiap tetesan cat dan tidak akan merusak dinding yang baru dicat.

Apakah Lapisan Cat Tipis Lebih Baik Ketimbang tebal? 
Salah satu kesalahan terbesar orang adalah terlalu banyak menaruh cat di kuas. Sejatinya jauh lebih efektif menempatkan sedikit cat di kuas atau roller. Memang godaan untuk menaruh lebih banyak cat di ujung kuas sangat besar dengan harapan tidak harus melaburi tembok dengan banyak lapisan cat. Namun langkah tersebut pasti akan jauh lebih boros. Melapis tembok dengan cat tipis secara berulang akan lebih baik ketimbang satu lapisan cat tebal.

Cat Bagian Trim Terakhir
Ada beberapa perdebatan mengenai topik ini, tapi cukup sering trim akan terkena semprotan yang berasal dari roll cat. Karena alasan ini, cara yang terbaik adalah melaburi trim paling akhir dan lakukan dengan kuas agar cat tidak “mbleber”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: